Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awal Januari 2019, Dua Penderita DBD di Kobar Meninggal Dunia 

  • Oleh Andreansyah
  • 19 Februari 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Awal Januari, dua penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian Penyakit (P2P) Jamin Ginting mengungkapkan, sejak 2018 lalu terdapat 353 kasus DBD dan pada Januari 2019 terjadi 35 kasus, dua di antaranya meninggal dunia.

Ia menjelaskan, kasus meninggal dunia pada penderita DBD, salah satunya karena keluarga pasien terlambat membawa pasien berobat. Pasien dibawa ke puskesmas atau rumah sakit saat pasien sudah dalam keadaan stadium 3-4 (parah), dan terlambat dalam penanganannya.

Ia berharap, ke depan tidak ada lagi pasien yang meninggal karena DBD. "Jangan sampai ada yang meninggal dunia lagi, warga harus segera melaporkan ke petugas medis di desa atau puskesmas terdekat, jika ada ciri-ciri DBD," ujar Jamin Ginting, Selasa (19/2/2019). 

Ia juga mengingatkan kepada warga pentingnya hidup bersih dan sehat, terutama dengan musim penghujan yang identik dengan peyebaran penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. 

Lanjutnya, fogging bukanlah cara pencegahan, yang terpenting masyarakat bersatu dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) menyapu tempat berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti melalui yakni dengan 3M. (Andre/B-2) 

Berita Terbaru