Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Dumai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keberadaan Timpora Sangat Penting

  • Oleh Ramadani
  • 19 Februari 2019 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah melalui Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesra Hendro Nakalelo mengatakan, dilihat dari posisi negara Indonesia yang sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang, maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara illegal dan tidak bertanggung jawab.

Misalnya, kata dia, perdagangan manusia (human trafficing), penyelundupan manusia, lalulintas barang terlarang (narkoba, psikotropika) serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, sosial budaya yang dapat mengancam stabilitas negara dan daerah.

Kehadiran maupun investasi asing memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah, namun dampak negatifnya juga harus diwaspadai.

"Untuk itu, kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat kabupaten hingga kecamatan di daerah ini sebagai wadah koordinasi, konsolidasi dan pertukaran informasi tentang perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing merupakan hal yang sangat penting,” kata Hendro, Selasa (19/2/2019).

Akan tetapi, katanya, dalam prakteknya jangan sampai berlebihan yang pada ujungnya akan mengganggu stabilitas, kenyamanan serta aktivitas investasi di Kabupaten Barito Utara yang dibawa oleh investor asing.

Dia mengharapkan dengan dibentuknya timpora ini tidak ada lagi perbedaan data antar instansi yang berkompeten sehingga informasi tentang keabsahan data dan kegiatan orang asing di Kabupaten Barito Utara bisa seragam. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru