Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Bulik dan Argamulya Minim SDM dan Alat Kesehatan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 20 Februari 2019 - 08:32 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto menyebut tenaga medis dan alat kesehatan yang minim masih menjadi persoalan utama dibeberapa fasilitas kesehatan.

Hal ini dia ungkapkan di sela meninjau Puskesmas Bulik dan Puskesmas Argamulya, Selasa (19/2/2019).

"Di dua puskesmas ini saja persoalan dan keluhannya hampir sama yakni minimnya tenaga kesehatan dan masih minimnya sarana alat kesehatan," katanya.

Riko menyebut kondisi didua fasilitas kesehatan tingkat satu itu menjadi gambaran umum faskes di Lamandau, termasuk di RSUD Lamandau.

"Contoh saja di Puskesmas Bulik itu alat rekam mediknya ada, tapi tenaga kesehatannya tidak ada, sebaliknya di Puskesmas Argamulya," katanya.

Selain itu masih ada kekurangan sarana penunjang. Meski secara umum kondisinya tidak terlalu menghambat pelayanan.

"Intinya kondisi yang ada ini tentu akan menjadi catatan pemerintah daerah untuk terus melakukan perbaikan dalam mendorong peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, mengingat persoalan kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang harus terpenuhi," tukasnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Argamulya, Agus Susanto mengapresiasi kunjungan wakil bupati dan Kepala Dinas Kesehatan Lamandau Friaraiyatini.

Dia berharap agar beberapa atensi khususnya terkait Alkes, SDM tenaga medis dan sapras menjadi usulan yang dapat segera dipenuhi meski bertahap. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru