Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Burung Hantu Serang Bangunan Walet

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Februari 2019 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pengusaha sarang burung walet di Desa Samuda Besar, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diresahkan dengan serangan burung hantu.

Hewan ini memangsa burung walet. Hal ini membuat kekhawatiran para pengusaha burung walet. Mereka takut populasi burung yang bersarang di gedung miliknya terus berkurang.

Apalagi hewan tersebut tidak hanya 1-2 ekor saja saat menyerang, namun mencapai lima ekor dalam satu bangunan walet.

"Sejak dibangun 5 tahun lalu sudah sering bangunan kami dimasuki burung hantu. Banyak burung walet yang jadi mangsa," ujar Noor Elman, warga Desa Samuda Besar, Rabu (20/2/2019).

Berbagai macam cara sudah dicoba oleh mereka seperti menyiapkan senapan angin, memasang racun, dan memperkecil pintu masuk burung walet di gedung. Namun cara itu belum berhasil, karena masih saja burung pemangsa daging itu masuk ke bangunan miliknya.

Upaya terakhir mereka lakukan. Hasilnya bisa menangkap burung hantu dengan memasang jaring di depan pintu masuk. Hingga akhirnya berhasil menangkap lima ekor hama tersebut, Selasa (19/2/2019).

Burung hantu dikenal ganas dan pemangsa burung walet. Hewan itu beraksi malam hari dan bisa tinggal berhari-hari di dalam gedung walet milik warga.

Sehingga jika dibiarkan, maka sangat membahayakan bagi populasi buring walet di gedung milik masyarakat. Hal itu tentunya akan berdampak merugikan pengusaha walet itu sendiri. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru