Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahkota Group Fokus Bisnis Hilir, Bidik Laba Rp123 Miliar 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 20 Februari 2019 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Mahkota Group Tbk (MGRO) tengah fokus untuk mengembangkan bisnis di sektor hilir dengan mengoperasikan pabrik refinery melalui anak usahanya PT Intan Sejati Andalan dan kernel crushing plant di Dumai pada Juni tahun ini.

Pabrik ini nantinya akan menghasilkan minyak goreng dengan kapasitas produksi 1.500 ton per hari, sementara kernel crushing plant bakal menghasilkan minyak inti sawit sebesar 400 ton per hari.

"Kami sedang menyiapkan pabrik refinery baru yang akan selesai di tahun ini, serta penambahan beberapa tangki timbun di salah satu anak perusahaan," kata Direktur Utama Mahkota Group, Usli Sarsi, di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Melalui anak usaha PT Dumai Pracipta Abadi, perseroan akan menambahkan tangki timbun ini sebesar 20.000 metrik ton, saat ini mereka memiliki tangki timbun dengan kapasitas 76.000 ton.

Guna melancarkan fokus bisnis yaitu hilirisasi dengan membangun pabrik refinery serta menambah tangki timbun tersebut, perseroan sudah menyiapkan belanja modal sebesar Rp200 miliar. 

"Dana diperoleh dari hasil dana IPO dan sebagian dari pinjaman bank," ujar Usli.

Dengan beroperasinya pabrik tersebut, MGRO membidik pendapatan sebesar Rp5 triliun naik sekitar 150% dengan laba bersih sebanyak Rp123 miliar. (NEDELYA RAMADHANI/m)
 

Berita Terbaru