Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Lamandau Sosialisasikan Pengawasan Pemilu Partisipatif di Sekolah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 20 Februari 2019 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamandau menyosialisasikan pengawasan pemilu partisipatif dengan menyasar kalangan pemilih pemula. Seperti yang dilakukan Bawaslu di SMAN 1 Bulik, Rabu (20/2/2019).

Peserta sosialisasi merupakan siswa yang merupakan gabungan dari sejumlah sekolah di Kota Nanga Bulik. 

Ketua Bawaslu Lamandau Bedi Dahaban menyebutkan, sosialisasi bertujuan supaya pemilih pemula dapat menyalurkan hak pilih mereka dan ikut andil dalam melakukan pengawasan pemilu. 

"Selama ini mereka (siswa) yang sudah punya hak pilih itu sudah sering mendapatkan sosialisasi tentang pentingnya menggunakan hak pilih. Nah, tugas Bawaslu sendiri tidak hanya itu, tapi juga mengajak mereka menjadi bagian yang turut melakukan pengawasan selama proses pemilu berlangsung," kata dia. 

Bedi juga mengatakan, tujuan dari sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif bagi pemilih pemula juga dimaksudkan untuk mendorong pelibatan masyarakat termasuk pemilih pemula dalam pengawasan, serta menumbuhkan kesadaran pentingnya proses demokrasi.

"Dengan digencarkannya sosialisasi kepada pemilih pemula atau kaum milenial, kita berharap selain akan meningkatkan jumlah partisipasi pemilih juga terjadi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan," ujar Bedi. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru