Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Diminta Deteksi Dini Konflik Jelang Pemilu

  • 20 Februari 2019 - 23:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) diminta lebih aktif melakukan deteksi dini terhadap potensi konflik menjelang Pemilu 17 April 2019. 

“Saat ini kita sudah masuk tahun politik, dan sebentar lagi kita akan melakukan pemilihan presiden. Kesbangpol harus benar-benar memonitor gerakan di masyarakat, agar tidak menimbulkan konflik sosial,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, Rabu, (20/2/2019).

Dia menambahkan, dalam prosesnya perlu koordinasi lintas sektor dengan lembaga lain seperti kepolisian dan KPU, untuk mendukung deteksi dini mencegah konflik di masyarakat.

“Dengan berkoordinasi dengan pihak-hak yang terkait tentu bisa cepat terdeteksi dan tentunya dapat diredam jika memang benar ada gesekan yang terjadi dalam masyarakat,” tutur Fahrizal.

Kepala daerah pun harus terlibat dalam program ini. Sehingga proses pemilu bisa berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif.

“Kita semua berharap pesta demokrasi ini berjalan aman dan kondusif. Jika memang ada gerakan politik bisa dilaporkan ke pimpinan seperti bupati maupun wali kota,” pungkasnya. (AGUS/B-11)

Berita Terbaru