Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bahas Program SERASI, Komisi II DPRD Kapuas Kunjungi Kementerian Pertanian

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Februari 2019 - 11:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kapuas melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pertanian dan Ketahanan di Jakarta untuk membahas program Selamatkan Rawa Sejahtera Petani (SERASI).

Anggota Komisi II DPRD Kapuas, Wahyudinata mengatakan dari hasil pembahasan dengan Kementerian Pertanian bahwa dalam mengembangkan lahan rawa menjadi pertanian produktif dapat mencapai peningkatan produktivitas padi.

"Ada 6 provinsi akan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian produktif, termasuk Kalteng dan Kapuas. Pemanfaatan rawa ini nantinya akan saling terentegrasi antara lahan ternak perkebunan dan sawah," ucap Wahyudinata, Kamis (21/2/2019).

Adapun hasil konsultasi dan koordinasi program Kementerian Pertanian dan Ketahanan Pangan fokus pada membangun sumber daya manusia pertanian dengan pendekatan kesejahteraan dilakukan melalui program SERASI.

Menurutnya Kabupaten Kapuas sebagian besar merupakan lahan gambut yang belum maksimal dikelola atau diolah, sehingga dengan program SERASI nantinya bisa dioptimalkan.

"Sehingga kesejahteraan petani dapat meningkat, dapat pemenuhan gizi, dan daerah tidak akan kekurangan pangan," katanya.

Sehingga bisa menjadi sentra industri padi dan nantinya diharapkan program SERASI ditargetkan meningkat indek pertanian dari sekali tanam menjadi 2-3 kali tanam yaitu menanam padi, jagung dan kedelai dalam 1 tahun.

"Sehingga bisa maksimal dalam pembangunan khususnya dibidang pertanian dari konsultasi dan koordinasi program ini di Kementan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru