Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manusia Harus Peduli Sampah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Februari 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini, sampah masih menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Karena meskipun ada depo sampah yang dibangun, masih banyak masyarakat yang membuang sesuka hatinya. 

Hal itupun membuat pemerintah meminta agar masyarakat selalu memperhatikan lingkungan. Sampah muncul karena ulah manusia sehingga manusia pula yang harus peduli terhadap sampah tersebut. 

"Manusia yang menghasilkan sampah, oleh karena itu manusia pula atau kita pula yang harus bertanggungjawab," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim Sanggul Lumban Gaol, Kamis (21/2/2019). 

Hal tersebut diungkapkan Sanggul bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional. Dirinya mengajak agar para pegawai, pengusaha, dan masyarakat pada umumnya untuk membumikan gerakan kebersihan. Sehingga lingkungan dan juga daerah ini bisa terhindar dari kekumuhan dan kekotoran. 

"Kelola sampah dengan baik, jangan musuhi sampah, karena yang menimbulkan sampah adalah diri kita juga," kata Sanggul.

Sampah sendiri bukanlah momok bagi masayarakat. Namun jika dikelola dengan baik maka akan menghasilkan nilai ekonomis. Seperti diolah menjadi suvenir dan juga kerajinan lainnya. 

Hal itu tentu akan menguntungkan bagi pengrajin itu sendiri. "Kami juga saat ini berupaya melakukan pengelolaan sampah dengan memilahnya. Sehingga bisa dijadikan pupuk organik dan juga barang bernilai nantinya," ungkap Sanggul. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru