Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukabumi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Target Restorasi Gambut 366.746 Hektare di Kalteng Tuntas Dikerjakan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 22 Februari 2019 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Restorasi Gambut (BRG) terus berupaya melakukan restorasi melalui kegiatan pembasahan kembali (rewetting), revitalisasi dan sosial ekonomi masyarakat di Kalteng.

Upaya mereka bersama para mitra dan masyarakat di provinsi tersebut tercapai karena target kegiatan restorasi gambut tuntas dikerjakan. Yakni sebesar 366.746 hektare.

Ini disampaikan dalam diskusi bersama para awak media terkait capaian restorasi gambut di Kalteng, Jumat (22/2/2019).

Diskusi tersebut menghadirkan tiga pemateri yakni Deputi Bidang Edukasi, Sosialisi, Partisipasi dan Kemitraan BRG, Myrna A Safitri, Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalteng, Merty Ilona dan Kepala Desa Gohong, Yanto L Adam.

Safitri mengatakan, pembasahan ekosistem gambut merupakan upaya awal pencegahan kebakaran. Pihaknya juga tetap mewaspadai potensi terjadinya kebakaran. 

"Kerusakan gambut yang sangat parah memerlukan waktu panjang untuk pemulihan karena gambut belum sepenuhnya kembali pada kondisi semula," ucapnya.

Meski demikian, BRG mencatat ada penurunan titik panas secara signifikan ditemukan pada lokasi yang makin dekat dengan PIPG. 

Sementara itu, kehadiran Yanto L Adam pada diskusi tersebut karena di desanya menjadi salah satu yang terdampak upaya restorasi gambut. Upaya tersebut membuahkan hasil.

"BRG bersama masyarakat Desa Gohong telah melakukan pengolahan lahan gambut yang kritis dengan cara tanpa dibakar," katanya.

"Upaya pelestarian ekosistem gambut di Desa Gohong juga didukung oleh aparat desa dengan memberlakukan larangan pembakaran lahan gambut," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-2)
 

Berita Terbaru