Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelurahan Raja Gelar Kompetisi Mural

  • Oleh Wahyu Krida
  • 22 Februari 2019 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kelurahan Raja, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar kompetisi mural untuk mempercantik kawasan publik dan pemukiman di Kelurahan Raja.

Pada kompetisi itu pihak kelurahan akan menggandeng para seniman lukis dan mural untuk bersama mempercantik tampilan tembok di pemukiman dan ruang publik.

"Nanti tanggal 3 Maret 2019, kami menggelar Kompetisi Mural Kampung Raja yang dilaksanakan di Lapangan Termili," jelas Lurah Raja, Rangga Lesmana, Jumat (22/2/2019).

Menurut Rangga, ada beberapa hal yang menjadi gagasan awal hingga pihak kelurahan menggelar kompetisi mural tersebut.

"Beberapa waktu lalu kami pernah berkomunikasi dengan seniman lokal terutama seniman lukis dan mural. Sejauh ini mereka tidak punya wadah untuk menyalurkan bakat seni mereka," terang Rangga.

Selain itu, dalam rangka penataan Kelurahan Raja agar terlihat lebih baik, kita memiliki rencana untuk menjadikan  Kelurahan Raja sebagai Kampung Kreatif.

Sejalan dengan dua hal tersebut, lanjut Rangga,  memunculkan ide untuk membuat kompetisi mural.

"Alhamdulillah ide ini juga  didukung juga oleh pengusaha dan masyarakat hingga lomba tersebut disepakati untuk digelar," jelasnya.

Rangga menjelaskan ada dua tema yang diambil dalam kompetisi tersebut. Tema yang diterapkan dalam kompetisi mural tersebut adalah lingkungan, yang diharapkan bisa membangkitkan kesadaran untuk cinta lingkungan hidup.

Kemudian tema lainnya adalah ikon Kesultanan Kotawaringin yang berupa tokoh, budaya dan simbol. "Tema ini diambil lantaran Kampung Raja berada di kawasan Istana Kesultanan Kotawaringin," jelas Rangga.

Berita Terbaru