Air Sungai Katingan Mulai Meluap di Tumbang Samba Katingan Tengah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Februari 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Air Sungai Katingan mulai meluap ke permukaan di wilayah Kecamatan Katingan Tengah sejak Jumat (22/2/2019) pagi ini.

Luapan air Sungai Katingan saat ini mulai membanjiri pekarangan dan halaman rumah warga Desa Samba Bakumpai Kecamatan Katingan Tengah.

Luapan air Sungai Katingan di wilayah ini dikarenakan kiriman dari wilayah hulu yang beberapa hari terakhir curah hujan di wilayah itu tinggi.

Di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah sejauh ini dialiri oleh dua sungai besar di wilayah itu, yakni Sungai Katingan yang berhulu di wilayah Kecamatan Bukit Raya dan Sungai Samba yang berhulu wilayah Kalimantan Barat (Kalbar).

"Air Sungai Katingan sejak pagi hari ini mulai meluap ke permukaan, dan sampai sekarang baru beberapa tempat di Desa Samba Bakumpai yang mulai terendam air dengan ketinggian masih di bawah lima centimeter," kata Yono, warga Desa Samba Bakumpai.

Sementara menurut Rudi, warga Tumbang Samba lainnya mengaku memang sejak pagi hari ini ada peningkatan volume air Sungai Katingan itu. "Memang debit air Sungai Katingan meningkat dibanding sebelumnya, dan kalau ada wilayah yang sudah mulai terendam hanya sebagian kecil saja," ujar Rudi. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru