Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Daging Sapi di Kasongan Masih Mahal

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Februari 2019 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Daging sapi di Kasongan Kabupaten Katingan hingga saat ini masih dijual mahal.

"Kita gak tahu sebabnya kenapa daging sapi di wilayah kita ini masih mahal, apa memang di Kasongan itu hanya ada satu penjual daging sapi, atau bagaimana," keluh Riya, ibu rumah tangga di Kasongan, Jumat (22/2/2019).

Dibanding di Palangka Raya, harga daging sapi saat ini jauh lebih mahal daripada yang dijual di Kasongan.

"Kalau di Palangka Raya katanya daging sapi dijual tidak lebih Rp120 ribu  per kilogramnya. Tapi di Kasongan dipatok Rp135 ribu per kilogramnya," katanya.

Menurut Riya, keluarganya sejauh ini gemar mengkonsumsi daging sapi itu. Makanya tidak heran jika seminggu sekali keluarganya pergi ke Pasar Kasongan untuk membeli daging tersebut.

Namun harga daging sapi di Kasongan dinilai mahal dibanding daerah lainnya. "Apalagi menjelang Idul Fitri atau Idul Adha, harga daging sapi di Kasongan itu bisa tembus Rp140 ribu lebih per kilogramnya," imbuhnya.

Sementara menurut Giyem, satu-satunya penjual daging sapi di Kasongan mengaku saat ini harga daging sapi ia jual Rp135 ribu per kilogramnya.

Ia menilai harga sebesar itu wajar. Pasalnya sapi yang dipotong sejauh ini didatangkan dari luar daerah. "Sapi kita beli dari pengepul yang ada di Banjarmasin, tapi asalnya sapi dari Kendari (Sulawesi Tenggara), makanya kita juga menyesuaikan harga jualnya," aku Giyem. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru