Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Gohong Mampu Olah Lahan Tanpa Dibakar 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 Februari 2019 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Desa Gohong, Kabupaten Pulang Pisau mampu mengolah lahan tanpa harus dibakar. Cara ini patut ditiru karena sangat ramah lingkungan.

Tidak ada api, tidak ada pula asap dalam proses pengolahan lahan gambut itu. Kini, lahan tersebut telah hijau dengan tanaman pohon sengon, karet dan sebagian buah-buahan.

Di area tersebut juga masih banyak tumbuhan dan pohon liar tapi tetap terjaga. Itu semua dilakukan untuk menjaga agar terhindar dari kebakaran lahan.

"Memang awalnya sempat kesulitan. Namun, mau tidak mau harus dilakukan pengolahan tanpa dibakar. Kalau dulu habis tebang langsung dibakar tapi berisiko tinggi," kata Kepala Desa Gohong, Yanto L Adam kepada wartawan yang melakukan peninjauan lahan gambut bersama badan restorasi gambut (BRG), Jumat (22/2/2019).

Sambil mengingat bencana kabut asap yang melanda di 2015, Yanto mengatakan bahwa dulunya area lahan di kawasan setempat banyak yang terbakar. 

Namun, di tahun berikutnya warga berhasil menjaga dan memanfaatkan lahan untuk ditanami pepohonan. 

"Jadi cara kita mengolah, kita tebas dulu kemudian dilakukan penyemprotan sehingga membusuk," ungkapnya.

Pihaknya juga berterimakasih dengan BRG karena turut serta membantu, salah satunya dengan membangun sumur bor dan skat kanal sehingga lahan selalu basah. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru