Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bangunan Sekat Kanal Dinilai Positif bagi Masyarakat

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 Februari 2019 - 09:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pembangunan sekat kanal untuk membasahi lahan gambut dinilai sangat positif bagi masyarakat. Seperti yang dirasakan warga Desa Garung, Kabupaten Pulang Pisau.

Kini warga tidak khawatir sungai kecil itu akan mengering jika musim kemarau tiba. "Kalau musim kemarau, biasanya sungai ini kering. Tapi sekarang tidak lagi," kata Wanson, mantan kepala Desa Garung yang masa jabatannya berakhir Januari 2019, Jumat (22/2/2019).

Dia menuturkan pada 2017 sekat kanal bantuan dari Badan Restorasi Gambut (BRG) terbangun dengan jumlah 30 unit. Di 2018 jumlah yang dibangun bertambah menjadi 38 unit.

"Kita sangat bersyukur sekali ada sekat kanal karena airnya kini melimpah dan tidak terjadi kebakaran. Kalau di 2015 (saat bencana kabut asap), sungai ini benar-benar kering," ungkap Wanson kepada wartawan yang melakukan peninjauan bersama rombongan BRG.

Selain sekat kanal, di desa tersebut juga terbangun 300 unit sumur bor. Namun menurutnya lebih efektif sekat kanal meski sama-sama berfungsi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Karena kalau sekat kanal lebih luas jangkauannya. Harapan kami ke depan, BRG terus membantu, mungkin dalam bentuk program lain," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru