Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Upaya Kelurahan Raja Tarik Minat Warga Kelola Sampah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 Februari 2019 - 13:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -  Lantaran sampah sebenarnya masih bernilai ekonomis, maka aparatur Kelurahan Raja, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjalin kerja sama dengan bank sampah agar warga bisa mengelola dan mengambil nilai ekonomis dari sampah rumah tangga.

"Karena itulah, kita menggandeng Bank Sampah Induk Berkah Jaya Plastindo Pangkalan Bun melakukan sosialisasi kepada warga RT 16 dan RT. 17 Kelurahan Raja," jelas Rangga Lesmana, Lurah Raja.

Rangga mengatakan merasa terkejut lantaran melihat antusias warga yang mengikuti sosialisasi tersebut.

"Rata-rata peserta sosialisasi antusias lantaran mengetahui bahwa setiap sampah yang selama ini dikira hanya sampah, ternyata memiliki nilai jual yang tinggi," ujarnya.

Rangga menambahkan pengelolaan dengan cara memilah sampah yang bernilai ekonomis dan yang tidak, ternyata menjadi salah satu sebab antusasme warga.

"Karena  selama ini warga yang menjual plastik bekas minuman  kemasan mineral kepada pemulung, hanya  dihargai senilai Rp 500 per kilo gram. Bila masyarakat menjualnya ke bank sampah maka harga jualnya jauh lebih bagus. Lantaran sampah sisa plastik tersebut dihargai Rp5.500 per kilogram," jelasnya.

Nantinya hasil penjualan sampah di bank sampah tersebut juga bisa dimasukkan dalam uang digital yang bekerja sama dengan pihak. Memggunakan aplikasi khusus.  

"Jadi aplikasi itu tidak hanya pembayaran uang digital. Namun  bisa dimanfaatkan untuk membayar BPJS, pulsa listrik maupun pulsa telepon," tandasnya. (YUDA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru