Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Strategi Bawaslu Awasi Pemilu

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 Februari 2019 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalteng sudah menyiapkan strategi khusus untuk mengawasi jalannya pesta demokrasi, Pileg dan Pilpres 2019.

Koordinator Divisi Pencegahan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kalteng, Siti Wahidah mengatakan pihaknya mengedepankan pencegahan.

Yakni dengan melakukan tindakan, langkah-langkah dan upaya optimal mencegah secara dini terhadap potensi pelanggaran.

Selain pencegahan, langkah selanjutnya yakni dengan melakukan penindakan jika terdapat dugaan pelanggaran dalam pemilu.

"Penanganan dilakukan secara cepat dan tepat terhadap temuan dan laporan dugaan pelanggaran pemilu," kata Siti dalam kegiatan sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu, Sabtu (23/2/2019).

Ia menjelaskan, metode pencegahan yakni dengan melakukan pemetaan potensi pelanggaran, peningkatan partisipasi masyarakat, koordinasi dengan para pihak, mencegah money politik dan mengawasi netralitas para pihak.

Kemudian juga melakukan pengawasan mulai dari pemutahiran data pemilih, penetapan data pemilih sementara, penetapan data pemilih tetap, kampanye, laporan dana kampanye, logistik, masa tenang, pemungutan suara dan rekapitulasi hasil pemilu.

Terakhir, penindakan yakni menerima, memeriksa dan mengkaji serta memutuskan dugaan pelanggaran pemilu. (BUDI YULIANTO/B-5) 

Berita Terbaru