Buaya di Sungai Seranggas Tewas Setelah Sambar Pancing BKSDA

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Februari 2019 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor buaya berjenis kelamin jantan tewas di Sungai Seranggas, Dusun Seranggas, Desa Lempuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Buaya itu tewas setelah memakan umpan pancing yang dipasang petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Sabtu (23/2/2019) malam. 

"Buaya tersebut tewas seusai memakan pancing yang kami pasang. Saat itu hewan tersebut berupaya berontak untuk melepaskan diri," ujar Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Minggu (24/2/2019). 

Muriansyah mengetahui buaya itu memakan umpan pancing mereka setelah mendapat informasi melalui telepon seluler dari ketua RT.

Ketua RT mengabarkan bahwa umpan pancing disambar buaya. Dan saat itu, hewan tersebut brontak dan berupaya melepaskan diri.

Mengetahui hal itu, Muriansyah meminta warga tidak mendekati lokasi tersebut, dan hanya memantau dari kejauhan.

Hal itu demi menjaga keselamatan warga. Karena sangat tidak memungkinkan jika dilakukan evakuasi pada malam hari, dengan kondisi gelap.

"Karena gelap, kami memutuskan untuk melakukan evakuasi pada Minggu pagi," kata Muriansyah. 

Namun saat pagi, ternyata buaya itu sudah berada di daratan dalam kondisi mati. Kemungkinan besar akibat mulutnya kena mata pancing. 

"Kondisinya sudah mati dan dievakuasi warga ke daratan," tutur Muriansyah.

Berita Terbaru