Pemkab Barito Utara Berhasil Tekan Kasus Penyakit Menular

  • Oleh Ramadani
  • 25 Februari 2019 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh Pemkab Barito Utara melalui Dinas Kesehatan dan jajarannya dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini berhasil menekan kasus penyakit menular dari 10 penyakit terbanyak yang berkunjung ke fasilitas pelayanan kesehatan primer. Salah satu buktinya, dengan mendapat sertifikat eliminasi malaria dari Menteri Kesehatan RI.

Namun di sisi lain, penyakit tidak menular yang ada hubungannya dengan perilaku dan gaya hidup seperti penyakit degeneratif, tekanan darah tinggi (hipertensi) mulai meningkat, bahkan menduduki urutan kedua dari 10 penyakit terbanyak. Penyakit tersebut pada dasarnya dapat dicegah dan diobati.

“Pencegahan dapat dilakukan melalui perilaku hidup sehat, seperti rajin melakukan aktivitas fisik, diet seimbang, mengurangi asupan garam, dan mengurangi merokok/berhenti merokok serta melakukan pemeriksaan dan pengukuran tekanan darah secara berkala,” ucap Bupati Barito Utara Nadalsyah, Senin (25/2/2019).

Lebih lanjut, Nadalsyah mengatakan, berdasarkan amanah Permenkes RI No 75/2014 tentang pusat kesehatan masyarakat, diharapkan puskesmas mampu melayani kesehatan masyarakat secara paripurna. Demikian juga bangunan fisik dipersyaratkan harus permanen (beton) dengan luasan sesuai standar.

Pada kesempatan itu, Bupati Barito Utara H Nadalsyah meminta kepada masyarakat untuk memanfaatkan bangunan puskesmas ini sebagai sarana untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat.

“Pelihara, jaga kebersihan dan kerapian demi kenyamanan pengunjung dan petugas kesehatan. Semoga dengan direhabnya bangunan puskesmas dapat mendukung akreditasi puskesmas yang akan dinilai tahun 2019 ini,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru