Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab Masyarakat Mudah Percaya Berita Hoax

  • Oleh Uriutu
  • 25 Februari 2019 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Barito Selatan, Abdul Majid Rahimi menyebutkan faktor  yang menyebabkan mudahnya masyarakat ‘menelan’ atau percaya berita hoax karena keterbatasan ilmu dalam menyikapi berita, baik dari segi ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum. 

Menurutnya, bila pengetahuannya minim, maka ketika ada masalah yang berkaitan dengan berita bohong atau hoax, pasti langsung diterima oleh masyarakat. 

"Itu karena minimnya ilmu yang dimiliki dalam menangkap pemberitaan," ujar Abdul Majid Rahimi usai menjadi narasumber pertemuan dengan tema Peran Da'i Kamtibmas dalam pencegahan penyebaran berita hoax guna menciptakan suasana Pilpres, dan Pileg 2019 yang aman, damai, dan sejuk menuju Indonesia Gemilang, Senin (25/2/2019). 

Meskipun sudah memiliki ilmu agama, lanjut dia, tetapi tidak dibarengi ilmu pengetahuan umum, maka hasilnya pun mereka akan mudah menangkap berita hoax itu, begitu juga sebaliknya. 

"Kalau ilmu agama, dan ilmu pengetahuan umum kita kuasai, saya yakin berita hoax tidak akan langsung kita sebarkan, dan masyarakat luas pun akan terhindar dari berita-berita hoax ini," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru