Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelatihan Higiene Sanitasi Pangan untuk Kontrol Kesehatan Makanan

  • Oleh Norhasanah
  • 25 Februari 2019 - 22:44 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pelatihan Higiene Sanitasi Pangan (HSP) yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara bertujuan agar makanan yang dijual oleh rumah makan dapat terkontol kesehatannya.

"Harapan kami melalui higiene sanitasi ini, makanan yang dijual secara umum dapat terkontrol dengan baik," ucap Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara H Harjono, Senin (25/2/2019).

Sehingga, hal-hal yang dikhawatirkan seperti menularkan berbagai macam penyakit melalui makanan terhadap pembeli dapat dihindari. "Termasuk menghindari keracunan makanan, tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal seperti ini. Karena ini adalah upaya kita untuk melindungi konsumen," ujarnya.

Harjono melanjutkan, bahwa banyak penyakit yang dapat timbul disebabkan makanan, seperti diare dan penyakit lainnya. "Oleh karena itu, melalui HSP ini para penjamah makanan tersebut bisa mengetahui bagaimana mengelola makanan untuk konsumen," tuturnya.

Harjono menambahkan, sedangkan materi yang diberikan kepada kolompok inti adalah adalah tentang bakteri pencemaran terhadap makanan, penyakit bawaan makanan, prinsip higiene sanitasi makanan dan minuman.

"Kemudian tentang pencucian dan penyimpanan peralatan pengolahan makanan, pemeliharaan keshatan lingkungan dan higiene perorangan," kata H Harjono. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru