Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa di Kotim Diminta Data Warga Kurang Mampu

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Februari 2019 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seluruh kepala desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta agar secepatnya melakukan pendataan terhadap warganya yang dianggap kurang mampu.

Hal itu dilakukan agar pemerintah daerah memiliki data yang valid terhadap warga miskin di Kotim. 

"Saya minta kepala desa  agar bisa mendata waega tidak mampu di desanya. Ini dilakukan agar diketahui berapa jumlah warga kurang mampu di Kotim ini," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Selasa (26/2/2019). 

Dengan adanya data tersebut, maka nantinya bisa diketahui warga tidak mampu yang belum masuk dalam jaminan kesehatan BPJS atau lainnya, sehingga pemerintah daerah bisa menyalurkan bantuan tersebut dengan mudah. 

"Data tersebut sangat penting, terutama untuk memberikan bantuan sosial ataupun mengetahui waega yang belum masuk dalam BPJS Kesehatan," katanya. 

Selain itu, pemerintah juga akan lebih mudah memilah jika nantinya ada bantuan bedah rumah untuk warga miskin. Sehingga bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran. 

"Yang mengetahui warga tersebut benar miskin atau tidak tentu kepala desanya sendiri. Jadi data tersebutlah yang kami inginkan," terang Supian. 

Dirinya juga meminta kepasa kepala desa agar bisa mempelajari apakah anggaran dana desa (ADD) bisa digunakan untuk program bedah rumah atau tidak.

Jika memang bisa, maka nantinya harus dianggarkan. Paling tidak setiap tahunnya sebuah rumah. Sebagai upaya untuk pengentasan kemiskinan. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru