Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nyasar ke Perpustakaan, Seekor Kelasi Lolos Dari Tangkapan Petugas Damkar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 26 Februari 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Setelah beberapa saat nangkring di atas pohon ketapang di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (26/2/2019), seekor lutung merah atau yang dikenal dengan nama kelasi (presbytis rubicunda) akhirnya melompat turun dan menghilang ke belakang kantor tersebut.

Kejadian itu menarik perhatian para pengunjung perpustakaan dan masyarakat di sekitar kantor.

Kasi Penyelamatan Damkar Kobar Agus Suhartono menuturkan, pihaknya mendatangi Kantor Perpustakaan lantaran mendapatkan informasi bahwa ada seekor monyet kelasi berada di tempat itu.

"Kita mendapat laporan pukul 13.40 WIB. Menanggapi laporan itu kita mengirimkan satu unit Damkar dan anggota untuk mengevakuasi monyet tersebut. Kabarnya sejak pagi, monyet itu berkeliaran di atap Kantor Perpustakaan," ujar Agus atau akrab disapa Kabul ini.

Namun, saat anggota Damkar memanjat pohoh sambil membawa jaring untuk menangkap monyet itu, tiba-tiba primata tersebut turun dari pohon ketapang dan lari ke samping kantor.

Karuan anggota Damkar Kobar segera berlarian untuk menangkap monyet berbulu merah itu. Namun, usaha itu gagal lantaran gerakan monyet sangat lincah dan cepat.

Walau sempat beberapa kali monyet tersebut menabrak kaca dan masuk ke dalam kantor perpustakaan, hewan itu berhasil melarikan diri ke belakang perpustakaan yang terdapat permukiman warga.

"Kami berharap bila nantinya ada warga yang menemukan dan berhasil menangkap monyet itu agar tidak disakiti atau dibunuh. Selain itu, bila mengetahui keberadaannya atau berhasil ditangkap, masyarakat bisa menghubungi petugas Damkar Kobar atau petugas BKSDA. Karena primata tersebut tergolong langka. Jadi monyet itu nantinya bisa dilepasliarkan ke habitatnya di hutan lindung milik pemerintah," ujar Kabul. (KRIDA/B-3) 

Berita Terbaru