Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Diminta Cari Sumber Pendapatan Lain

  • Oleh Naco
  • 26 Februari 2019 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) HM Jhon Krisli  meminta Pemkab Kotim harus mencari sumber pendapatan lainnya dengan pilihan mendirikan badan usaha ataupun perusahaan daerah (perusda). 

Itu sebagai upaya untuk melepaskan Kotim ketergantungan terhadap beberapa sumber pendapatan asli daerah yang selama ini belum mampu mendongkrak pendapatan secara maksimal.

Semestinya kata dia banyak sektor yang bisa digarap. Baik itu di sektor jasa hingga disektor pengelolaan hasil perkebunan. Untuk sektor jasa bisa seperti pembangunan kawasan bongkar muat di daerah selatan, untuk sektor usaha perkebunan pemerintah juga mendirikan pengolahan dan lain sebagainya.

Selama ini, kata Jhon, yang ia contohkan seperti petani karet hanya bergantung kepada salah satu pabrik pengolahan saja di Kotim, sehingga harga itu tidak ada persaingan  dan petani terpkasa menjual karena tidak ada pilihan lagi selain menjualnya kepada pihak tersebut.

Sehingga ia menilai sektor itu belum mamlu digarap maksimal. Padahal selain mendapatkan hasil untuk daerah perusda jika ada juga memberikan harga yang bersaing ke tingkat petani.

"Selama ini memang harus diakui peran serta pemerintah daerah untuk mendengarkan keluhan dari petani karet dan rotan memang minim," ucapnya.

Pemkab selama ini tidak pernah berinovasi mengembangkan perusda di Kotim. Padahal perusda ini akan memberikan angin segar  untuk menaikan sektor pendapatan daerah. (NACO/B-5)

Berita Terbaru