Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Pengawas Orang Asing Kabupaten Bartim dan Kecamatan Dibentuk

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 27 Februari 2019 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang- Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya yang membawahi Kabupaten Barito Timur membentuk Tim Pengawasa Orang Asing (Pora) tingkat Kabupaten Bartim dan kecamatan, Rabu (27/2/2019).

Acara pembentukan berlangsung di Aula Rapat Bupati Barito Timur, Tamiang Layang, dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Eskop didampingi Asisten I Rusdianor, Kepala Kesbangpol Muslim Raharjo, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya Dadan Gunawan.

Peserta pertemuan terdiri dari camat, danramil, kapolsek, dan sejumlah perwakilan lembaga terkait lainnya.

Sekda Bartim Eskop dalam sambutannya mengatakan, keberadaan orang asing perlunya mendapat perhatian semua pihak. Oleh karena itu, koordinasi antarinstansi terkait dalam rangka menyamakan presepsi dalam hal pengawasan kegiatan orang asing di daerah mutlak dilakukan.

Dilihat dari posisi yang sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang, maka sangat potensial diboncengi kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab.

Seperti penyelundupan manusia, lalu lintas barang terlarang, serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang dapat mengancam negara dan daerah.

"Kehadiran maupun investasi asing memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengbangan daerah, namun dampak negatif harus diwaspadai," ucap Eskop

Dengan dibentuknya Tim Pora tingkat kabupaten dan kecamatan bisa menjadi wadah koordinasi, konsolidasi, dan pertukaran informasi tentang perlintasan, keberadaan, dan kegiatan orang asing merupakan hal yang sangat penting.

"Untuk tim Pora tingkat Kabupaten dan kecamatan dapat melaksanakan tugas dengan baik. Sehingga keberadaan orang asing betul-betul dapat diawasi sesuai keberadaan dan tujuan," tuturnya.

Ditambahkan Eskop, sampai saat ini Orang asing di Barito Timur ada sembilan orang sejak 2018. Data ini sama dengan yang dimiliki Kantor Imigrasi Palangka Raya.

Berita Terbaru