Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Wondama Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Populasi Anjing di Palangka Raya Capai 7.000 Ekor

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 Februari 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya– Berdasarkan pendataan dan survei yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, populasi anjing di Kota Cantik sekitar 7.000 ekor.

“Kalau populasi anjing Kota Palangka Raya rasanya ada sekitar 7.000 ekor. Ini jika melihat data tahun kemarin,” tutur Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Verteriner (Kesmavet) DKPP Kota Palangka Raya Sumardi, Rabu (27/2/2019).

Sedangkan terkait capaian vaksin pada 2018 hampir 98%. Sisanya 2% yang belum mendapatkan vaksin adalah hewan peliharaan baru yang dibawa dari luar daerah.

"Sisa anjing yang belum kita vaksin itu biasanya dibawa warga dari luar kota. Ada yang tidak melapor sehingga belum tervaksin. Biasanya anjing bawaan dari luar ini yang mengandung rabies," katanya.

Vaksinasi sendiri, lanjut dia, selain dilaksanakan langsung oleh petugas DKPP, ada bantuan dari kader relawan vasinator.

Total relawan yang tercatat di DKPP Kota Palangka Raya sampai saat ini ada 30 orang. Sebagian dari mereka dipusatkan untuk mobilitas di kawasan Kota Palangka Raya. Sedangkan sebagiannya lagi di beberapa titik di kawasan terluar.  (HERMAWAN DP/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru