Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Buka Festival Seni Budaya Tingkat Pelajar se-Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 27 Februari 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra membuka festival seni budaya tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2019 di aula Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Rabu (27/2/2019).

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Festival Seni Budaya pelajar tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2019 secara resmi dibuka,” kata Sugainto Panala Putra ketika membacakan sambutan Bupati Barito Utara.

Sugianto Panala Putra mengatakan, berdasarkan Undang–Undang Pemajuan Kebudayaan No 05/2017 bahwa negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai–nilai budaya.

“Kebudayaan merupakan investasi masa depan dalam membangun peradaban bangsa. Akar budaya dan tradisi di Indonesia harus dilestarikan di tengah kemajuan zaman yang kemungkinan besar akan mengikis keberadaban seni budaya dan kearifan lokal,” kata Wabup.

Ia mengatakan, kebudayaan yang berkembang di Kalimantan Tengah termasuk Kabupaten Barito Utara, adalah budaya pedalaman dan budaya pesisir. Keduanya memiliki perbedaan dalam khasanah adat istiadat sehari-hari.

Mulai dari tari-tarian, lagu tradisional, upacara adat, keyakinan dan kehidupan sosial kemasyarakatan yang berkembang juga berbeda. “Namun, karena Bhineka Tunggal Ika lah yang menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang unik dan menjadi kekuatan persatuan dan kesatuan,” kata Sugianto Panala Putra. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru