Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mantan Wali Kota Palangka Raya Ceritakan Kenangan Bersama Sosok Reinout Sylvanus

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Februari 2019 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ada banyak hal yang patut diteladani dari sosok almarhum Reinout Sylvanus semasa hidup. Salah satunya adalah kejujuran, kesederhanaan dan tidak mementingkan kepentingan pribadi, keluarga maupun golongan.

Poin-poin yang patut diteladani itu disampaikan mantan Wali Kota Palangka Raya 1983 - 1988, Lukas Tingkes, Rabu (27/2/2019).

Selain poin itu, juga ada hal lainnya yang patut diteladani dari sosok almarhum sebagaimana yang disampaikan Nahson Taway, mantan Wali Kota Palangka Raya periode 1993 - 1998.

Reinout Sylvanus merupakan mantan gubernur Kalteng periode 1967-1978. Selama menjadi gubernur, Nahson juga sempat menjadi ajudannya.

"Beliau tidak membeda-bedakan antara Dayak dengan lainnya. Beliau menjalankan tugas, betul-betul dengan jiwa nasionalisme yang sangat tinggi," ucap Nahson Taway.

"Beliau merupakan pejuang. Baik dalam menegakkan kemerdekaan maupun mengawali melanjutkan perjuangan bapak Tjilik Riwut," ungkapnya.

Ia menuturkan, yang perlu dipahami dari sosok almarhum adalah tidak membedakan suku, agama, ras dan golongan.

"Sifat nasionalisme beliau sangat tinggi. Oleh sebab itu, yang perlu kita pahami adalah jangan ada sifat membedakan. Tapi harus ada rasa semangat dan disiplin yang tinggi. Beliau orangnya disiplin. Katakan jam sekian, ya semua harus siap," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru