Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Datar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Batik Sukamara Langkah Awal Munculkan Desain Lain

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Februari 2019 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Ketua Tim Penilai Desain Batik Sukamara, Yan Suharyono mengatakan lomba desain batik ini adalah langkah awal untuk memunculkan bernagai motif batik lain ke depannya.

"Memang pada awalnya kita ini kaku. Setelah ini desain batik ke depannya kita sudah tidak kaku lagi," ucap Yan, Kamis (28/2/2019).

Menurut Yan, pemerintah tidak selalu harus melaksanakan sayembara untuk menghasikan desain baik Sukamara. Melalui lomba ini maka ke depannya akan muncul berbagai batik Sukamara.

"Lomba ini sekali ini saja, karena janji kita sudah bisa menilai motif yang bagus itu seperti ini dan motif batik Sukamara juga akan mulai bermunculan," ujarnya.

Yan menambahkan dalam penilaian lomba desain batik Sukamara ada beberapa poin yang harus dipenuhi peserta lomba agar desain bisa ditetapkan sebagai pemenang. Salah satunya adalah makna dari desain batik itu sendiri.

"Karakteristik daerah yang diutamakan adalah dari segitu artikulasi atau makna batik yang didesain oleh peserta," tuturnya.

Yan menegaskan batik yang dikirim harus desain asli oleh peserta tidak boleh mengambil desain batik dari daerah lain dan desaik yang belum pernah diikutkan dalam ajang lomba lainnya.

"Desainnya batik itu tidak boleh mengambil dari desain daerah lain harus asli dari desain peserta itu sendiri," tegasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru