Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa di Murung Raya Didorong Tingkatkan Program Kemandirian Pangan

  • Oleh Trisno
  • 28 Februari 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya (Mura) mendorong pemerintahan desa meningkatkan program kemandirian pangan melalui berbagai kegiatan di bidang pertanian.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mura Ferdinand Wiijaya, pihaknya meminta kepala desa dan perangkatnya bisa mendorong program pertanian untuk kemandirian pangan di setiap desa mereka.

Paling tidak, kata dia, desa bisa mengalokasikan anggaran 10 persen dari APBDes yang dikelola desa untuk program menuju kemandirian pangan. Kalau ini terwujud diyaknini desa akan memiliki bidang pertanian yang maju.

Ferdinan memberi contoh, apabila setiap desa menganggarkan pembelian ternak sapi paling tidak 20 ekor saja yang dikelola kelompok tani, maka bisa dibayangkan apabila 116 desa melakukan program itu secara serentak, Mura akan mampu swasembada daging sapi.

Namun, ia juga mengingatkan tidak hanya terfokus kepada pengadaan ternah sapi saja namun juga desa nanti akan dibantu SOPD terkait untuk pemeliharaan dan pengembangbiakan melalui petugas penyuluh pertanian.

“Kita sudah sampaikan keinginan ini ke beberapa kepala desa, dan mendapat respon positif," tukasnya. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru