Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Siap Dukung Petani Sawit Demi Kikis Kemiskinan 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 01 Maret 2019 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah berjanji akan memberikan perhatian lebih besar kepada petani sawit dalam upaya meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan. Apalagi petani menjadi tulang punggung keberlangsungan industri sawit maupun ekonomi nasional.

"Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian sangat besar terhadap sawit, karena sawit ini memberikan kontribusi besar kepada ekonomi dan punya peranan penting terhadap Indonesia. Kalian ini pahlawan bangsa," ujar Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, di Jakarta, Kamis (28/2/2019), dalam sambutannya saat menghadiri Pertemuan Nasional Petani Kelapa Sawit Indonesia 2019.

Menurut Luhut, perusahaan harus melindungi petani untuk menjaga keseimbangan dalam perekonomian dan mencegah kecemburuan sosial.

"Presiden Jokowi meminta supaya ada keseimbangan," ujar Luhut.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa pemerintah mendorong kelompok tani dapat mengelola pabrik sawit yang bertujuan memasok kebutuhan biofuel di daerah.

Kemandirian itu, disebutkan Luhut, harus ada dan pemerintah punya target 30 persen dari produksi sawit menjadi green fuel, sehingga impor minyak fosil dapat berkurang besar dalam jangka waktu 2-3 tahun mendatang.

Saat ini, sawit telah menjadi industri super strategis bagi negara yang berkontribusi menyerap tenaga kerja lebih dari 17,5 juta orang, baik secara langsung maupun tidak langsung dan menciptakan kesejahteraan sebanyak 2,3 juta petani kecil.

"Oleh karena itu, peran sektor sawit terhadap pengentasan kemiskinan sangat besar. Perkebunan sawit berpengaruh signifikan terhadap penurunan angka kemiskinan di Indonesia," ujarnya.

namun ia belum menjelaskan secara rinci bentuk dukungan pemerintah kepada para petani sawit. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru