Damkar Kobar Kembali Amankan Ular Piton dan Buaya

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 Maret 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selang sehari setelah mengevakuasi lutung merah yang nyasar ke pemukiman warga, Jumat (1/3/2019)  kembali Team Animal Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengevakuasi satwa liar yang nyasar masuk pemukiman, yakni berupa ular piton dan anak buaya sapit.

Kasi Penyelamatan Damkar Kobar Agus Suhartono, menjelaskan, dua satwa liar yang dievakuasi yaitu ular piton sepang 3 meter dan seekor anak buaya sapit.

"Ular piton tersebut ditemukan di kandang ayam milik warga RT 25 Gang 14 Perumahan Pinang Merah. Tampaknya ular tersebut sudah berada didalam kandang ayam itu sejak malam hari," jelas Kabul, sapaan Agus Suhartono.

Mengetahui ada ular piton dalam kandng ayam, warga setempat langsung menghubungi Damkar untuk mengevakuasi ular tersebut.

"Laporan dari warga kita terima sekitar pukul 06.00 WIB. Kemudian kita langsung mendatangi TKP mengevakuasi ular tersebut," jelas Kabul.

Selain itu, lanjut Kabul, dua hari sebelumnya Rabu (27/2/2019) anggota Damkar juga sempat mengevakuasi anak buaya spait yang nyasar dalam parit di belakang Kantor Kecamatan Kumai.

"Keberadaan anak buaya sapit dalam parit tersebut diketahui warga setempat yang kemudian melaporkan hal itu pada salah Damkar yang merupakan warga Kecamatan Kumai," jelas Kabul.

Pasca tertangkap, lanjut Kabul, pihaknya kemudian membawa anak buaya sapit tersebut ke Markas Komando Damkar Jalan Pangeran Antasari.

"Kebetulan hari ini kita juga mengevakuasi ular piton, kita putuskan kedua satwa tersebut hari ini diserahkan ke Seksi Konservasi Wilayah II Pangkalan Bun BKSDA Kalteng. Sehingga kedua satwa tersebut nantinya bisa dilepasliarkan kehutan lindung," jelas Kabul. (KRIDA/B-5)

Berita Terbaru