Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kapuas Imbau Warga Kurangi Gunakan Kantong Plastik

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Maret 2019 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dalam rangka tetap memperhatikan kondisi lingkungan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengimbau warga mengurangi penggunaan kantong plastik yang kerap digunakan saat berbelanja, sebagai bentuk kepedulian lingkungan.

Menurut Bupati hal itu penting juga karena akan mendukung dalam pengelolaan sampah di Kapuas. 

"Kami mengingatkan warga agar berhenti menggunakan plastik dan membiasakan memakai tas atau membawa sendiri tempat bawaan dari rumah, misalnya tas yang terbuat dari purun dan lainnya," ucap Ben kepada wartawan, Jumat (1/3/2019).

Lebih lanjut dia menekankan, dalam waktu dekat akan membuat Peraturan Bupati mengenai pengelolaan sampah, karena hal tersebut menjadi penilaian tersendiri dari pusat. 

“Dengan tidak menggunakan plastik, kita juga membantu pengrajin anyaman purun untuk meningkatkan ekonominya,” katanya.

Sebab, menurut dia, sampah plastik sangat berbahaya, dapat membawa penyakit yang bisa terkontaminasi dengan makanan yang akan dikonsumsi, penyakit yang berbahaya salah satunya bisa menyebabkan stunting. 

"Untuk itu kami berharap agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan memulai mengganti rerumputan di halaman rumah dengan tanaman yang bermanfaat," pintanya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru