Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UMKM Mampu Perluas Lapangan Kerja

  • Oleh Uriutu
  • 01 Maret 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok- Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mampu memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Demikian disampaikan Pejabat Sekda Barito Selatan Syahrani kepada Borneonews, Jumat (1/3/2019).

“UMKM merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat. Serta dapat berperan dalam pemerataan dan pendapatan masyarakat,” kata Syahrani.

Untuk itu, UMKM yang merupakan salah satu pilar utama ekonomi harus memperoleh kesempatan utama, dukungan, perlindungan, dan pengembangan seluas-luasnya. Sebagai wujud keberpihakan kepada kelompok usaha rakyat tanpa mengabaikan peranan usaha besar dan BUMN.

Menurut Syahrani, meski UMKM telah menunjukkan peranannya dalam perekonomian, masih ada berbagai hambatan dan kendala yang dialami. Seperti dalam hal produksi atau pengolahan, pemasaran, SDM, permodalan, dan iklim usaha baik bersifat internal maupun eksternal. 

Untuk meningkatkan kemampuan, kesempatan, dan penghidupan UMKM, telah ditetapkan berbagai kebijakan dalam UU No 20/2008 tentang UMKM. 

“Sebagai upaya menciptakan kemampuan dan peran sertanya dalam perekonomian, dan pemberdayaan, perlu dilaksanakan pemerintah, pemda, dunia usaha, dan masyarakat secara menyeluruh serta sinergis dan berkesinambungan,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru