Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diminta Waspadai Genangan Air di Barang Bekas

  • Oleh Norhasanah
  • 02 Maret 2019 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Masyarakat Kabupaten Sukamara diimbau mewaspadai genangan air yang ada di barang-barang bekas. Sebab, hal itu bisa menjadi sarang nyamuk.

"Air tampung yang bersih itu menjadi sarang nyamuk kalau tidak dibuang," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara, Chairuddin, Sabtu (2/3/2019).

Menurutnya, setiap pemilik rumah harus memantau tempat-tempat yang tergenang air, sehingga tidak ada nyamuk berkembang biak.

"Setelah hujan, beberapa hari panas genangan airnya kering, jentiknya muncul menjadi nyamuk," tuturnya.

Di sisi lain, Chairuddin juga mengapresiasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara yang juga turut serta dalam gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

"Alhamdulillah, Dinas Lingkungan Hidup juga ikut respon setelah beberapa kali kita mengadakan kegiatan di lapangan," katanya.

Untuk mencegah DBD, masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan serta melakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M Plus.

Gerakan PSN dan 3M Plus yakni menguras, menutup dan mengubur benda-benda yang bisa menjadi sarang nyamuk. Dan itu merupakan cara paling efektif dibandingkan fogging. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru