Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pasuruan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru Perlu Ketahui Potensi Anak

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 03 Maret 2019 - 14:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan meminta guru untuk melihat potensi serta kemampuan anak. Melalui deteksi dini karakter dan kepribadian anak, termasuk juga keadaan psikologisnya.

“Bagi teman-teman guru atau stake holder pendidikan. Perlu diingat guru adalah orang tua, pertama anak didik di lingkungan sekolah. Saat masuk sekolah gurulah orang tua mereka,” ucap Sahdin di rumah jabatan Wali Kota Palangka Raya, Minggu (3/3/2019).

Sehingga diperlukan pemahaman karakteristik dan sistim pengayoman terhadap anak. Walau memang untuk pengaplikasiannya di Palangka Raya masih belum optimal.

“Pada level SMP dan Tsanawiah sudah ada guru bimbingan konseling (BK). Ini bisa digunakan untuk deteksi dini terhadap anak. Salah satu kelemahan penyelenggaraan pendidikan kita memang di sini,” ucapnya.

Kemudian jika berbicara sensor motoris, anak memiliki potensi yang berbeda. Tidak hanya lima indra dasar, tapi semua sensor yang ada. Reaksi terhadap stimulasi dari lingkungan maupun guru tidak semua orang sama.

"Ada banyak faktor yang berpengaruh jadi perlu mngetahui potensi dan kemampuan anak,” tutupnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru