Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Wajibkan SOPD Gunakan Produk UMKM Lokal

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Maret 2019 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi, mewajibkan seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) untuk menggunakan produk UMKM lokal.

Terutama makanan dan minuman yang digunakan pada acara kedinasan. Harus olahan UMKM lokal yang ada. 

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya melestarikan dan mengakomodasi produk UMKM lokal. Sehinga bersampak pada perekonomian pelaku usaha kecil di daerah ini. 

"Sudah beberapa kali saya sampaikan, agar seluruh SOPD menggunakan produk asli Kotim. Terutama hasil olahan snack dan minuman dari UMKM Kotim," tegas Supian Hadi, Senin (4/3/2019). 

Saat ini, berdasarkan informasi yang diterimanya, hampir 99% SOPD di daerah ini masih memakai produk dari luar. Terutama untuk kebutuhan rapat dan menyambut tamu.

Alasan SOPD, demi keamanan kesehatan, karena produk lokal belum tertera tanggal masa berlakunya. Sehingga dikhawatirkan memberikan dampak pada kesehatan. 

"Aalasan tersebut memang tepat. Makanya, saya minta pelaku UMKM di Kotim ini bisa segara bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," kata Supian. 

Dia meminta agar kebiasaan SOPD memakai produk dari luar tersebut harus diubah. Karena saat ini sudah tersedia snack yang khas seperti kripik, minuman dari buah nanas, dan banyak hasil olahan lainnya. 

"Rasanya juga tidak kalah dengan snack dari luar daerah. Nantinya semua SOPD harus menggunakan produk lokal tersebut," kata Supian. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru