Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belum Ada Sekolah Aman Bencana di Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Maret 2019 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini belum ada berdiri sekolah aman bencana di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) karena saat ini belum ada sekolah yang memperhatikan aspek kesiap siagaan menghadapi bencana. 

"Sekolah aman bencana belum ada, itu terjadi juga karena dana dari kami juga tidak mencukupi, untuk membantu memenuhi aspek sekolah tersebut," ujar Kabid Kesiap Siagaan dan Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Punding, Selasa (5/3/2019). 

Sekolah aman bencana sendiri ada memiliki beberapa indikator, seperti menyiapkan jalur evakuasi, rambu-rambu informasi mengenai bencana dilingkungan sekolah, dan sejumlah indikator lainnya. 

Namun indikator tersebut belum dijalankan oleh seluruh sekolah di daerah ini. Pihak BPBD yang ingin melakukan penyediaan juga terkendala dengan dana. Sehingga hal itupun meskinya harus diperhatikan. 

"Memang cukup penting sekolah aman bencana tersebut, apalagi Kotim sebagian besar wilayahnya rawan terjadi bencana," katanya. 

Meski belum ada sekolah aman bencana, namun pada tahun ini mereka sudah memprogamkan kegiatan mengajarkan bagaiman cara penanggulangan bencana, terhadap anak-anak Paud. Dengan harapan nantinya mereka sadar bencana. 

"Program tersebutlah yang sementara ini bisa kami lakukan. Karena keterbatasan anggaran juga," ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru