Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator ini Minta Pemkab Kobar Siapkan Rencana Pemekaran Wilayah

  • Oleh Andreansyah
  • 05 Maret 2019 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat Mustofa Basir mendorong Pemkab Kobar menyusun rencana pemekaran desa dan kecamatan. Hal ini untuk mempermudah proses pemekaran saat moratorium di cabut oleh pemerintah pusat. 

Politisi PKB itu mengatakan, sudah saatnya desa dan kecamatan di Kabupaten Kobar dimekarkan. Pasalnya, pemekaran bisa berdampak pada pemerataan pembangunan. Hanya, pemekaran wilayah terbentur dengan moratorium.

"Memang saat ini pemekaran desa dan kecamatan belum bisa dilakukan. Tapi harus disiapkan aturan untuk pemekaran desa dan kecamatan," sebut Mustofa Basri, Selasa (5/3/2019). 

Bila aturan suah siap, Pemkab Kobar bisa langsung bergerak mekarkan wilayah saat moratorium dicabut.

"Jika tidak disiapkan dari sekarang, nanti bakal kesulitan dan menunggu proses lama untuk pemekaran wilayah," ujarnya.

Maka dari itu, Pemkab Kobar harus bergerak cepat menyusun skema pemekaran desa dan kecamatan. Karena hal ini untuk kebaikan bersama dan pemerataan pembangunan. 

"Menurut kami pemekaran wilayah sudah perlu. Seperti Kecamatan Arut Selatan ini harus di pecah lagi. Termasuk potensi pemekaran desa juga banyak. Kemudian Kumai di wilayah pesisir harus dimekarkan sendiri," jelasnya.

Seperti diketahui, pemerintah pusat menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk desa. Jika semakin banyak desa di Kobar, pembangunan dapat dirasakan oleh banyak pihak. Sehingga pemerataan pembangunan dapat terwujud. (Andreansyah/B-3)

Berita Terbaru