Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selama Februari 2019 ada 72 Kasus Demam Berdarah di Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Maret 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sepanjang Februari 2019 setidaknya ada 72 kasus penyakit demam berdarah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Jumlah tersebut sangat rawan mengalami peningkatan, karena masih musim penghujan.

"Selama Februari 2019 ada 72 kasus demam berdarah di Kotim baik itu di perkotaan maupun di sejumlah kecamatan daerah ini," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim, Faisal Novendra Cahyanto, Selasa (5/3/2019).

Jumlah tersebut juga berdasarkan dari laporan 18 puskesmas yang mana terdiri dari 66 kasus demam berdarah dengue (DBD), dan 6 kasus dengue shock syndrome (DSS).

"Dari jumlah kasus tersebut, ada dua orang korban yang meninggal dunia, yakni di Kecamatan Parenggean dan juga Kecamatan Baamang. Semuanya balita," katanya.

Sedangkan dari sekian banyak kasus tersebut, masih didominasi di daerah perkotaan. Terutama di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang, yang memiliki banyak pemukiman padat penduduk.

Dengan adanya hal tersebut, maka diharapkan masyarakat selalu memerhatikan lingkungan, terutama masalah kebersihan agar harus tetap terjaga.

Karena nyamuk akan berkembang biak di setiap adanya genangan air bekas hujan dan juga tempat penyimpanan air.

Cara memberantasnya bisa dengan menguras, membersihkan lingkungan, dan juga menabur abate. Abate sendiri bisa didapat disetiap puskesmas yang ada di daerah ini secara gratis.

"Kami juga akan melakukan foging jika disuatu tempat terjadi kasus DBD," ungkapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru