Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

7 Lembaga Pendidikan di Lamandau Diusulkan Jadi Calon Sekolah Adiwiyata Nasional

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 05 Maret 2019 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik- Dari 13 sekolah yang dibina Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Lamandau, 7 di antaranya diusulkan menjadi calon sekolah Adiwiyata tingkat nasional 2019. 

Ketujuh sekolah tersebut yakni SMAN 1 Sematu Jaya, SMPN 1 Bulik, SMPN 2 Bulik, SMPN 4 Bulik, SDS Nirmala Cendikia, SDN Tri Tunggal, dan SDN Kujan. 

Saat memberikan sambutan pada upacara bendera di SMPN 1 Bulik, Senin (4/3/2019), Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengatakan bahwa kegiatan utama program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli terhadap lingkungan.

"Karena dengan program Adiwiyata, terbukti menciptakan sekolah yang nyaman, aman dan harmonis khususnya untuk kebutuhan belajar peserta didik," ungkapnya. 

Dengan demikian, sebut Bupati, secara otodidak peserta didik perlahan menjadi generasi yang peduli terhadap lingkungan.

"Jika program Adiwiyata ingin berjalan maksimal dan dirasakan manfaatnya, maka harus berpondasi pada tiga prinsip Adiwiyata sesuai peraturan Kementerian Lingkungan Hidup, yakni edukatif, partisipatif dan berkelanjutan," jelasnya. 

Hendra Lesmana juga berharap sekolah-sekolah yang dicalonkan menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional agar segera mempersiapkan dokumen Adiwiyata yang selanjutnya akan dilakukan verifikasi lapangan oleh tim penilai nasional pada bulan Oktober tahun 2019 mendatang.

"Mari kita tunjukan bahwa sekolah-sekolah di Lamandau mampu melaksanakan program Adiwiyata dalam rangka mewujudkan Lamandau Juara," ajaknya. 

Pada 2018 lalu ada satu sekolah yang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tingkat nasional, yakni SDN 6 Bulik. Sementara itu, SMPN 1 Bulik dan SMPN 2 Bulik berhasil mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat provinsi. (HENDI NURFALAH/B-3)

Berita Terbaru