Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Minyak Sawit di Kisaran RM2.300-RM2.400 Tahun Ini

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 06 Maret 2019 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Harga minyak sawit diperkirakan bergerak di rentang RM2.300-RM2.400 per metrik ton tahun ini, yang didukung penetapan program biodiesel baik di Indonesia maupun Malaysia.

Presiden Malaysian Biodiesel Association, UR Unnithan, mengatakan dorongan untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan saat ini tengah mendapatkan momentum secara global.

“Biodiesel sekarang menjadi bagian integral dan penting dari program mandatori biodiesel berbasis sawit. Kami melihat ada peningkatan mandatori baik di Malaysia dan Indonesia,” kata Unnithan dalam paparannya di Palm Biodiesel Outlook pada 2019, yang dihelat di Malaysia, Selasa (5/3/2019).

Unnithan mengatakan peningkatan mandatori biodiesel di kedua negara itu diharapkan dapat mendukung harga minyak sawit tahun ini.

“Indonesia diproyeksikan meningkatkan mandatori biodiesel dari B20 menjadi B30 mulai tahun depan, sehingga akan menyerap lebih banyak lagi minyak sawit,” imbuhnya.

Menurut dia, Malaysia juga berencana meningkatkan mandatori biodiesel dari saat ini B10 menjadi B20 tahun depan, yang akan mendongkrak volume total biodiesel berbasis sawit sekitar 700 menjadi 800.000 ton.

“Program mandatori biodiesel di Indonesia dan Malaysia akan memberikan dampak signifikan terhadap total pemakaian minyak sawit, sehingga dapat mengurangi penumpukan stok,” ucapnya. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru