Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Kebun Rotan Diganti dengan Sawit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Maret 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini, banyak petani rotan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengubah kebunnya dengan menanam kelapa sawit. Hal itu merupakan upaya untuk meningkatkan ekonomi mereka, karena harga rotan sangat murah. 

"Di Kotim ini sudah banyak petani rotan berpindah ke kebun sawit. Hal itu terjadi karena harga rotan yang terus merosot," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Rabu (6/3/2019). 

Keadaan tersebut merupakan dampak dari larangan ekspor rotan ke luar negeri. Sehingga rotan dibeli oleh pengepul dengan harga murah. Karena mereka harus mengolah rotan tersebut menjadi bahan jadi. 

"Kalau dibuat menjadi bahan jadi, saya rasa banyak pengepul yang tidak sanggup. Karena mereka juga hanya mengekspor sesuai dengan kebutuhan pasar," kata Halikinnor. 

Dengan adanya hal itu, maka diharapkan larangan ekspor rotan dicabut, atau direvisi. Karena sudah banyak masyarakat di Kotim ini tidak dapat bekerja dan berkurang penghasilan, akibat aturan tersebut. Karena sangat berdampak harga jual yang murah. 

"Kami sangat berharap agar harga rotan tersebut bisa kembali meningkat, dengan adanya revisi terkait ekspor rotan mentah. Sehingga ekonomi petani rotan kembali meningkat. Hingga menumbuhkan kembali semangat petani untuk berkebun rotan." (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 


TAGS:

Berita Terbaru