Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satu Pengepul Rotan di Kotim Bisa Tampung 100 Ton Per Bulan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Maret 2019 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Meski saat ini tidak sedikit petani yang berpindah ke perkebunan kelapa sawit, namun produksi rotan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) cukup tinggi. Bahkan satu pengepul saja bisa menerima hingga 100 ton rotan per bulan.

"Di Kotim masih cukup tinggi produksi rotan. Itu dilihat dari rotan yang diterima pengepul yang mencapai 100 ton perbulannya," ujar Sekda Kotim Halikinnor, Rabu (6/3/2019).

Jumlah yang sangat besar tersebut hanya diterima satu pengepul saja. Sedangkan di Kotim ada beberapa pengepul. Sehingga jika dijumlahkan bisa mencapai ribuan ton per bulan.

"Kalau semuanya dijumlahkan mungin bisa sampai 15 ribu ton produksi rotan per bulan," katanya. Semua rotan tersebut merupakan hasil dari perkebunan petani rotan di Kotim.

Bahkan tidak sedikit petani yang menahan diri untuk menjual atau memanen rotan di kebun mereka. Hal itu dilakukan dengan maksud menunggu ada kenaikan harga rotan ditingkat pengepul.

Sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. "Namun kenyataan yang dihadapi saat ini rotan tidak bisa diekspor mentah. Namun harus setengah jadi, sedangkan itu belum bisa dilakukan secara besar-besaran," terangnya.

Pemkab Kotim berharap agar pusat bisa merevisi larangan ekspor mentah rotan, sehingga nantinya akan berdampak pada kenaikan harga rotan di kalangan petani. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru