Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tanaman Rotan Berdampak Baik terhadap Pelestarian Hutan 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Maret 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tanaman rotan dianggap berdampak baik terhadap pelestarian hutan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Karena dengan tanaman rotan, secara otomatis masyarakat juga akan menjaga hutan.

"Kalau petani rotan terus berkembang, maka hutan juga akan ikut tunbuh berkembang," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Rabu (6/3/2019). 

Hal itu terjadi karena rotan merupakan hasil budidaya masyarakat. Sehingga mereka akan menjaga pohon di kebun mereka, karena akan berguna untuk wadah rotan meryap. Sehingga dengan adanya hal tersebut, maka secara otomatis, masyarakat juga akan menjaga pepohonan, yang berdampak pada pelestarian hutan. 

"Kalau petani rotan sejahtera dan terus menggeluti tanaman rotan tersebut, maka mereka secara tidak langsung juga akan menjaga kelestarian hutan," kata Halikinnor. 

Namun jika harga rotan terus anjlok dan makin banyak petani rotan mengubah profesinya maka pepohonan yang awalnya berada di kebun itu akan ditebang. Dan diganti dengan kelapa sawit. 

"Itulah yang seharusnya diperhatikan pemerintah pusat agar mencabut larang ekspor rotan mentah. Karena dampaknya ssngst besar bagi masyarakat dan juga pelestarian hutan," kata Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru