Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sijunjung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ribuan Surat Suara Pemilu 2019 Tiba di Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Maret 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 1.833 surat suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 tiba di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan saat ini disimpan di gedung Tenis Indor Stadion 29 November Sampit. 

"Surat suara sudah tiba di Sampit dan sudah dibongkar untuk disimpan di gedung Tenis Indor," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim Siti Fathonah, Kamis (7/3/2019). 

Surat suara tersebut dibawa dari Kalimantan Selatan (Kalsel) melewati jalur darat dengan menggunakan sebuah kontainer, truk fuso, dan juga truk. 

Dalam setiap koli berisi sebanyak 5.000 surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten, dan DPD. Sedangkan untuk koli surat suara calon presiden dan wakil presiden berisi sebanyak 2.000 lembar surat suara.

"Jumlah surat suara yang dikirim masih kurang 560 koli, karena jumlah total yang harus diterima di Kotim yakni 2.393 koli," kata Fathonah. 

Sementara itu, Kabag Ops Polres Kotim AKP Boni Arifianto mengatakan, pihaknya melakukan pengawalan pergeseran surat suara Pemilu 2019 tersebut dari Kalimantan Selatan dengan menurunkan enam personel yang menempel di setiap angkutan, dan juga mobil patroli. 

"Ada enam personel yang mengawal dari Banjarmasin. Sedangkan yang menjaga saat pembongkaran ada 31 orang personil," ungkap Boni. 

Pergeseran hingga pembongkaran pun berjalan aman, tanpa ada gangguan. Dan saat ini mereka tetap melakukan penjagaan di kawasan penyimpan logistik Pemilu 2019 tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru