Kotim Perlu Mobil Damkar, Pusat Diyakini Bisa Membantu

  • Oleh Naco
  • 08 Maret 2019 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rimbun menyebutkan  Kotim saat ini perlu adanya mobil pemadam kebarakan (Damkar) yang disiagakan di setiap kecamatan. Untuk pemenuhan kebutuhan itu ia yakin pemerintah pusat bisa pembantu.

Mobil damkar tersebut bisa disiagakan di daerah yang rawan terjadi kebakaran.  "Hendaknya  rencana itu disampaikan kepada pemerintah pusat guna mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang menjadi ancaman dan terjadi setiap tahun," kata Rimbun, Jumat (8/3/2019).

Kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi di Kabupaten Kotim akan sulit di atasi selama mobil damkar belum mampu diadakan, maka dari itu salah satu satu upaya yang harus dilakukan dengan adanya pengadaan mobil damkar dengan mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat.

Rimbun yakin ini bisa di bantu melalui pemerintah pusat. Sebagaiamana target dari pemerintah pusat untuk menyelesaikan persoalan asap ini agar tidak terulang. 

“Pusat saya yakin setuju dengan hal ini, karenanya kepiawan mengajukan ke pusat harus dilakukan dan bisa dialokasikan melalui dana alokasi khusus (DAK) ,” tegas Rimbun.

Menurut Rimbun hampir setiap musim kemarau terjadi kebakaran hutan maupun lahan di daerah ini bahkan dampaknya terhadap banyak sektor yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur, pada 2018 lalu saja ratusan hektar lahan terbakar ketika memasuki musim kemarau. (NACO/B-5)

Berita Terbaru