Festival Budaya Habaring Hurung Resmi Dibuka 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Maret 2019 - 06:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Festival Budaya Habaring Hurung digelar di Taman Kota Sampit, dengan dibuka secara resmi oleh Bupati  Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi bersama Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan, Sabtu (9/3/2019) malam. 

Festival Budaya Habaring Hurung dilaksanakan selama sepekan, dari 9 Maret 2019 hingga 14 Maret 2019 mendatang. Dengan menggunakan sejumlah tempat, sesuai dengan lomba yang dilaksankan. 

Kegiatan bertemakan Pesona Budaya Kemilau Mentaya tersebut digelar setiap tahun untuk menarik minat wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. 

"Festival Budaya Habaring Hurung ini adalah upaya pemerintah Kotim untuk menarik minta wisatawan. Karena festival ini merupakan etalase kebudayaan di Kotim," ujar Supian. 

Festival tersebut memperlombakan seni dan olahraga tradisional suku Dayak Kalimantan Tengah (Kalteng). Dengan 13 jenis lomba yang akan diselenggarakan. Seperti tari daerah, tari pesisir, menyipet, bagasing, balogo, lawang sakepeng, dayung tradisional, besei kambe, mengaruhi, malamang, mangenta, sepak sawut, karungut, panginan sukup simpan, dan yang terakhir adalah pemilihan putra putri pariwisata Kotim.

"Dengan adanya kegiatan ini, budaya makin dapat dilestarikan kedepannya," ungkap Supian. 

Selain itu, dirinya juga cukup mengapresiasi dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Karena cukup meriah dengan banyaknya masyarakat yang hadir. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru