Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Petugas mulai Lipat dan Sortir Surat Suara

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Maret 2019 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menugaskan sebanyak 260 orang melipat dan menyortir surat suara pemilihan umum (pemilu) 2019.

"Hari ini ada 139 peserta petugas pelipatan surat suara pemilu 2019. Mereka datang bersama seorang pendamping untuk membantu. Sehingga jumlahnya mencapai 260 orang," ujar Ketua KPU Kotim Siti Fathonah, Minggu (10/3/2019). 

Petugas pelipat akan diupah dengan berbagai tarif. Seperti surat suara DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten dihargai Rp100 per lembar. Sedangkan surat suara DPD dihargai Rp75 per lembar, dan surat suara presiden Rp50 per lembar.

"Tarif ini kami samakan dengan daerah lain sesuai dengan diva yang ada," kata Fathonah.

Sementara itu, para pelipat surat suara merupakan warga asli Kabupaten Kotawaringin Timur. Mereka ada yang langsung direkrut KPU, ada juga yang mendaftarkan diri ke kantor KPU.

"Yang pasti kami mengutamakan yang berpengalaman dan harus memiliki identitas. Karena penyortiran dan pelipatan ini tidak dilakukan sembarangan, dan harus hati-hati," terang Fathonah.

Sedangkan untuk surat suara dianggap rusak jika ada bercak dalam kotak partai dan nama calon, sobek, dan berlubang. Hingga sore hari sudah cukup banyak surat suara rusak yang ditemukan. 

"Surat suara yang rusak langsung disisihkan dan akan diusulkan untuk pergantian nantinya," sebut Fathonah. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru