Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Dukung Pembukaan Lahan Gunakan Inovasi Teknologi

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 11 Maret 2019 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendukung pembukaan lahan dengan menggunakan inovasi teknologi.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kalteng, Fahrizal Fitri menyebut, saat ini masyarakat dituntut untuk luas tanam, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan.

"Kita sangat mendukung inovasi menggunakan teknologi ini agar masyarakat yang ingin membuka lahan bisa tetap menjaga ekosistem di Kalteng," ujarnya, Senin (11/3/2019).

Dia berharap, inovasi teknologi pembukaan lahan tanpa membakar ini bisa diterima dan diterapkan oleh masyarakat Kalteng.

"Kita berharap rekomendasi ini disosialisasikan, tidak hanya pada tataran provinsi saja namun juga ke desa-desa langsung. Sehingga kita memiliki kesepahaman bersama teknologi apa yang kita akan diterapkan," lanjutnya.

Fahrizal menjelaskan, pemanfaatan teknologi ramah lingkungan yang ditawarkan Badan Litbang Pertanian ini nantinya dapat menjadi solusi terhadap masalah kebakaran hutan akibat pembukaan lahan.

"Kita berharap dengan adanya teknologi ini potensi kebakaran hutan dan lahan karena pembukaan lahan ini semakin rendah dan sehingga permasalahan kabut asap juga bisa ditekan," lanjutnya. (GAZALI/m)

Berita Terbaru